membaca-buku-cara-menyenangkan-menikmati-me-time-VJyT3a6Tp9

AGAR HOBI MEMBACA

Membaca adalah hal yang sangat menyenangkan, namun seringkali membaca adalah hal yang sangat dihindari atau malas dilakukan hampir setiap orang. Padahal, kalau misalnya kita ingin berkaca, semua negara-negara yang maju, ternyata penduduknya memiliki kualitas dan kuantitas membaca yang jauh lebih banyak dari negara-negara lainnya. Istilahnya reading interest nya tinggi. Wow

Pada Kompas.com(29/08/2016) dinyatakan bahwa Kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Jadi, salah satu cara (paling) sederhana untuk meningkatkan kemajuan bangsa ini dapat dimulai dari satu hal: membaca. Bagaimana cara menumbuhkan minat baca agar kita selalu senang dan ketagihan membaca? Rahasianya adalah:

Alokasikan Waktu Khusus untuk Membaca, Jangan beri Waktu Sisa Anda

Terapkan sekitar 10-15 menit membaca buku apapun setiap hari. Lakukan terus menerus hingga menjadi kebiasaan baik. Hal ini mungkin juga bisa Anda coba, yaitu memulai untuk membaca setiap hari, 10-15 menit saja secara konsisten kemudian setiap bulannya Anda tambah sedikit demi sedikit dan rasakan, ke depannya Anda akan dapat membaca buku hingga satu atau dua jam setiap harinya. Just Practice it.

Alokasikan dana untuk membeli Buku

Korbankan uang saku Anda untuk membeli buku-buku berkualitas atau recommended.  boleh setiap pekannya, atau setiap bulannya. Terlepas Anda akan membacanya atau tidak. Dengan membeli buku terus menerus, mau tidak mau Anda pun akan ‘dipaksa’ untuk membaca (eman kan kalo ga dibaca?).

Manfaatkan Waktu Menunggu

Menunggu memang membosankan. Karena itulah waktu menunggu bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Waktu menunggu dapat ditemui saat kita menunggu bis, sedang ada di angkot, menunggu seseorang untuk bertemu, atau apapun.

Miliki List Buku Populer atau Rekomendasi atau Best Seller

Salah satu alasan kenapa kita malas membaca adalah karena saat kita membaca buku atau apapun itu, kita mendapatkan hal yang kita tidak sukai untuk membacanya. Maka pada waktu itu hal yang bisa dilakukan adalah meminta beberapa list buku yang direkomendasikan oleh guru atau dosen  yang kemungkinan menariknya lebih besar.

Terapkan Effective Reading

Survey membuktikan saat ini hanya satu dari dua puluh orang yang kemampuan membacanya berkembang sejak SD. Di internet, Anda bisa menemukan bagaimana cara membaca dengan lebih baik, cepat, konsentrasi, dan lebih paham.  Yang sangat penting adalah niatan kuat kita untuk belajar membaca secara efektif.

Membaca Saat Istirahat atau Sebelum Tidur

Obat ampuh untuk bisa segera tidur adalah dengan membaca buku. hehehe. Ini juga bisa dilakukan jika ternyata selama waktu Anda sangat sibuk dan penuh dengan aktivitas. Gunakan waktu istirahat Anda dengan membaca, atau rutinkan membaca buku walaupun sedikit sebelum Anda tidur.

Buat Target Membaca

Anda punya rencana membaca? Rencana membaca adalah target atau daftar buku apa yang harus ditamatkan untuk dibaca pada minggu atau bulan ini.Misalnya setiap bulannya berniat untuk menamatkan sekitar 3-5 buku di luar buku kuliah yang kemudian di resume atau dibuat ringkasannya. Asyik Kan?

Gabung dengan Komunitas yang suka membaca buku

Bergabung dengan komunitas yang suka membaca buku dapat menjadi  cara ampuh untuk tetap menjaga kita tetap semangat membaca. Misalkan bergabung  di Komunitas yang ada di Kampus, hadir dalam acara bedah buku, atau hadir dalam pameran pameran buku.

In my Opinion, sangat tidak ada ruginya kita menjadi seorang yang sangat senang dengan membaca. Benar-benar tidak ada ruginya. Tidak perlu takut menjadi orang yang introvert, kaku, atau malah terkesan aneh karena kita kutu buku. Justru orang-orang yang saya kenal, yang kebiasaan membacanya kuat menjadi seorang yang sangat supel, hangat, dan nyambung dengan apapun yang dibicarakan.

Anda memiliki tips dan trik lainnya? Monggo bisa koment dan share.

Berbagi Ilmu Berbagi Manfaat.

 

Referensi:

http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *